27.1.10

kehamilan

tujuan posting ini supaya aku lebih mudah baca ulang nggak perlu search google
(yang tertulis di sini artikel2 penting + sedikit sharingku)
sebelum ngomongin kalsium, mau bahas tentang peningkatan berat badan ibu selama hamil:
  • 7 – 11,5 kg bagi mereka dengan berat badan > 65 kg saat mulai hamil.
  • 12 – 15 kg bagi mereka dengan berat badan 45 – 65 kg saat mulai hamil
  • 12,5 – 18 kg bagi mereka dengan berat badan <>
*max peningkatan badanku 12-15 kg. berat awal kehamilan 56kg
Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar. Solusinya : Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

*beberapa hari yang lalu kakiku ni bengkak, padahal aku udah mengurangi makan garam2an. tapi kenapa bengkak di kaki ngga sembuh2nya juga. kaki terasa berat (nggak enak banget). baru hari ini kakiku kembali normal. kata suami: karena aku sering tidur malam. semalam jam 9 malam aku udah berbaring di tempat tidur. mulai tidur jam 10.30 pm. jam 00.30 am kebangun ke kamar mandi trus langsung balik ke ke tempat tidur. liat jam terakhir pas aku tidur jam 01.15 am. bangun paginya jam 08.00 :D
untungnya kakiku udah mulai normal, tapi kata suami masih agak bengkak dikit.
sekarang mw me-tfs hasil tulisan orang lain tentang kaki bengkak.
Kaki bengkak (Edema) Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebabkan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil. Solusinya : Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia. (from)

ADUH, KAKI KOK PADA BENGKAK? (artikel ini menarik untuk dibaca dan cukup lengkap)

Kaki bengkak pada kehamilan (ini juga menarik)

No comments:

Post a Comment