2.9.09

Padi



PADI
Latin : Oriza sativa
Jawa : Pari / Pantun




pagi ini turun hujan rintik-rintik. pada saat saya pulang dari pasar, saya melihat ibu-ibu yang sedang memanen padi di bawah rintiknya hujan.

hmm.. pada saat itu saya berpikir, hujan bisa menimbulkan akibat yang baik dan buruk. yaa.. semua orang juga tau. segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kita dan alam (kata Master Chi saya).

kalau curah hujan kurang (musim kemarau yang panjang), pertanian akan mengalami kekeringan. tentu saja hal itu tanaman padi mati kering, petani rugi besar. sebaliknya apabila hujan terjadi terus menerus, persawahan akan terendam air dan padi cepat membusuk, petani rugi besar. untuk padi juga perlu dilakukan proses penjemuran, jadi tetap diperlukan adanya sinar matahari. *kurang lebih sama seperti pada saat kita mencuci pakaian*. klu petani nekat menjual padi dalam keadaan basah, maka harga padi per kilogramnya lebih murah daripada harga padi kering. *ini bukannya saya sok tau, tapi memang begitulah kenyataannya. saya adalah anak dari seorang petani (lebih tepatnya pemilik *muup bukannya takabur ya*)


(*doc : milik pribadi)


(*doc : milik pribadi)


No comments:

Post a Comment