1.9.09

Perempuan Jawa yang perkasa

Tadi pagi pada saat saya ke pasar, saya melihat seorang ibu2, tetangga. Seorang janda berumur lebih dari 60 tahun, masih semangat untuk mencari segenggam uang untuk makan sehari2. Blio belanja ini itu, karena profesi Blio adalah pedagang, selain itu Blio juga bekerja sebagai pembuat gedhek (anyaman bambu). Dengan naik sepeda Blio mengantarkan pesanan anyaman bambu. Anyaman bambu ini biasanya dicari orang klu ada orang meninggal. Tentang manfaat khususnya saya juga belum tau. ;) Blio adalah sesosok yang ramah, suka menolong, tidak pamrih. Di rumah biasa dipanggil Mbah Harjo Gedhek. Blio satu2nya pembuat gedhek di desa saya.

Menurut saya Blio adalah seorang perempuan yang masih tempo doeloe. Dari keseharian Blio, dari pakaian yang digunakan Blio masih memakai baju kebaya dan jarik (kain batik panjang), dengan rikma yang tersanggul rapi walaupun sedikit asal2an.

Berikut gambar2 yang saya ambil dari beberapa blog untuk Perempuan Jawa yang perkasa yang saya maksud:

No comments:

Post a Comment